Bisnis Waralaba, Investasi yang Memberikan Keuntungan

By | September 18, 2020

Waralaba pertama kali diperkenalkan oleh pebisnis asal Amerika Serikat guna meningkatkan distribusi produknya. Format bisnis ini akhirnya diikuti oleh beberapa perusahaan besar seperti Coca Cola dan General Motors.

Lisensi diberikan kepada penerima waralaba, agar dapat menggunakan nama dagang, merk dagang dan seluruh keperluan untuk usaha dari pemberi waralaba. Selain itu pemberi waralaba akan memberikan bimbingan secara terus-menerus hingga penerima waralaba memiliki keterampilan dalam bisnis.

Macam-macam usaha waralaba yang patut dicoba

Modal awal untuk memulai bisnis ini sangat bervariasi, tergantung pada jangka waktu dan potensi bisnis dari usaha tersebut. Untuk saat ini sudah banyak waralaba lokal yang dapat diperoleh dengan harga yang lebih terjangkau, diantaranya:

  1. Laundry
    Bisnis yang satu ini memiliki pangsa pasar yang cukup bagus, dengan banyaknya orang yang disibukkan dunia kerja dan sudah terlalu lelah untuk mencuci pakaiannya.
  2. Air minum isi ulang
    Bisnis ini memang tidak tergolong baru namun karena air adalah kebutuhan yang sangat penting sehingga bisnis ini terus berkembang dalam jangka waktu yang lama.
  3. Pom mini
    Pilihan lainnya adalah bom bensin mini, mengingat banyaknya orang yang memiliki kendaraan bermotor membuat bisnis ini banyak diminati.
  4. Jasa kirim atau ekspedisi
    Dengan semakin berkembangnya perdagangan secara online maka semakin besar pula peluang bisnis yang dimiliki oleh jasa ekspedisi yang memiliki peranan penting dalam proses transaksi.
  5. Berjualan crepes dan waffle
    Makanan ringan satu ini juga menjadi favorit remaja dan anak-anak, usaha ini biasanya di tempatkan di shopping area atau mall.
  6. Membuka tempat bimbingan belajar
    Bagi yang memiliki minat terhadap dunia mengajar dapat membuka tempat bimbingan belajar seperti menghitung, membaca, pembinaan karakter dan program-program lainnya.
  7. Berjualan es krim dan minuman yang kekinian
    Bisnis es krim dan minuman kekinian seperti thai tea atau bubble tea juga dapat menjadi pilihan karena jenis minuman ini memiliki banyak penggemar.
  8. Bisnis kedai kopi
    Kopi yang dulunya identik dengan kaum pria dan bapak-bapak, kini juga dikonsumsi oleh perempuan. Kopi tidak hanya sekedar minuman melainkan telah menjadi gaya hidup, banyak sekali kegiatan-kegiatan seperti diskusi ataupun kumpul komunitas yang dilakukan di kedai kopi. Oleh karenanya membuka bisnis ini akan memberikan keuntungan yang sangat besar dan konsumen yang tidak terbatas.
  9. Berjualan ayam goreng crispy
    Salah satu menu makanan yang sangat populer ini menjanjikan omset yang sangat besar. Ada berbagai jenis merk dagang dari produk ayam goreng ini dengan variasi harga yang berbeda pula.

Sebelum memulai bisnis waralaba tentunya harus mempertimbangkan beberapa hal seperti jumlah modal, lokasi, pemasaran dan tak lupa adalah akuntansi perusahaan seperti catatan hutang, pemasukan dan pengeluaran guna melihat perkembangan usaha.

untuk prosedur akuntansinya seperti catatan hutang maupun piutang cukup dengan menggunakan buku kas yang mudah dipahami untuk pemula sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *